1

Selain Silahturahmi, Kunjungan Dekranasda Jabar Ingin Berkolaborasi dengan Dekranasda Sumut dibidang Kerajinan.

Kunjungan Dekranasda Jabar ke Dekranasda Sumut, Rabu (3/7).

Wakil Ketua Dekranasda Jabar beserta rombongan berkunjung ke Galeri Dekranasda Sumut disambut oleh Wakil Ketua Dekranasda Sumut Ibu Mihari Ayu Rajekshah. Kunjungan ini merupakan untuk  kerjasama berkolaborasi antara Dekranasda Jabar dan Dekranasda Sumut.

Wakil Ketua Dekranasda Jabar menyampaikan "Kunjungan kami dari Dekranasda Provinsi Jabar pertama menjalin hubungan silaturahmi, yang kedua justru itu mencari kira-kira apa yang bisa kita kolaborasikan antara Dekranasda Jabar dengan Dekranasda Sumut, apa yang nanti akan kita kolaborasikan itu akan dibicarakan Insya Allah, tapi yang jelas kami kesini ada banyak hal yang menurut pandangan mata kami ada beberapa hal yang menarik dan bisa dikolaborasikan tapi nanti kita akan lapor dulu ke Ketua Dekranasda Jabar", katanya.

Setelah dari Galeri Dekranasda Sumut rombongan Dekranasda Jabar mengunjungi pengrajin tenun IR&IR yang beralamat di Jalan. Merak Jingga didampingi oleh Sekretaris Dekranasda Sumut Ibu Hasna Lely Siregar dan Trioni.

Disini Wakil Ketua Dekranasda Jabar @linaruzhan tertarik dengan warna dan juga motif yang ada pada kain songket tersebut, " Warnanya cantik-cantik, motifnya bagus menampilkan khas dari Sumut" katanya.

Kemudian beliau melihat proses pembuatan tenun songket yang berada di samping galeri, "berapa harganya kalau sudah jadi?" tanya Ibu Wakil Ketua Dekranasda Jabar, Pemilik menjawab, "Yang ini kalau jadi kita jual bekisar Rp. 1,4 Juta buk", wah kalau saya sudah jual lebih dari itu, soalnya bagus dan pembuatannya juga butuh waktu lama" ujar Wakil Ketua Dekranasda Jabar.

Irfania Pemilik Galeri "Songket Melayu adalah warisan Kesultanan Deli yang juga lahir dari masyarakat, oleh karena itu kita ingin mengembalikannya pada masyarakat pendukungnya," ujarnya.



Editor : (Ismail)